POPULAR STORIES

Gunakan DFSK Gelora E, Karoseri CKM Tawarkan Ambulans Listrik

Gunakan DFSK Gelora E, Karoseri CKM Tawarkan Ambulans Listrik Ambulans listrik karoseri CMK (KabarOto)

KabarOto.com - Melihat perkembangan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, perusahaan karoseri Cahaya Kurnia Mandiri (CKM) mulai melakukan sosialisasi ambulans listrik.

Hadir di acara Sosialisasi Standarisasi Ambulans Wilayah DKI Jakarta, Marketing Manager CKM, Hari menegaskan, pihaknya sudah dikenal sebagai karoseri spesialis ambulans di Indonesia dengan beragam inovasi.

"Kehadiran ambulans listrik dari Cahaya Kurnia Mandiri di ajang 'Sosialisasi Standarisasi Ambulans Wilayah DKI Jakarta' menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan sebuah inovasi terkini dengan menggabungkan teknologi kendaraan listrik yang efisien, fungsional, dan ramah lingkungan untuk mendukung pokok-pokok tugas kendaraan medis atau jenazah," kata Hari, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga : DFSK Gelora E Luxury VIP Sajikan Kabin Mewah dan Nyaman di GIIAS 2023

Sudah memiliki pengalaman panjang dalam mengembangkan ambulans, CKM ingin hadir sebagai pioner penyedia ambulans listrik di Indonesia.

"Semoga dengan hadir nya ambulans listrik ini bisa berkontribusi untuk mencapai target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menurunkan emisi karbon atau gas rumah kaca (GRK) 30-50 persen pada 2030," tutur Hari.

Menggunakan basis DFSK Gelora E, terdapat tiga ambulans yang beroperasi di Indonesia sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, yakni ambulans gawat darurat dan ambulans transportasi, dan ambulans jenazah. Masing-masing ambulans memiliki fungsi berbeda sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan.

Baca Juga : Sokonindo Bawa Merek DFSK dan Seres di GIIAS 2023

"Kami tentu berharap masyarakat bisa mengenal lebih jauh lagi mengenai inovasi ambulans listrik yang kami hadirkan mendapatkan manfaat yang maksimal dari kehadirannya,” ujar Hari.

Melihat kebutuhan yang ada, DFSK Gelora E dapat diterapkan untuk ketiga jenis tersebut, karena didukung pengisian fast charging 20 - 80 % hanya dalam 80 menit, dengan jarak tempuh berkendara hingga 300 kilometer. Sedangkan untuk pengisian reguler, DFSK Gelora E memiliki pengisian normal yang cocok untuk lingkungan listrik rumah tangga dengan rata-rata 220V 16A.

Biaya operasional yang dibutuhkan sehari-hari tergolong murah, karena pengisian baterai dari 0-100 persen hanya membutuhkan biaya sekitar Rp.71.400 (dengan asumsi biaya listrik sebesar Rp. 1.700/Kwh).

Konsumen tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ditawarkan karena tersedia garansi baterai hingga 5 tahun. Baterai ini juga sudah lulus Sertifikat IP67, jadi penumpang tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air.

Jarak tempuh DFSK Gelora E bisa mencapai 250 km jika baterai dalam kondisi Penuh.